Selasa, 04 Desember 2018

Manajemen pakan puyuh petelur

     



       Seperti yg kita tau pakan merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan beternak puyuh,
Selain faktor-faktor pendukung lainnya seperti (bibit, rumus kepadatan kandang, tempat pakan yang ideal, sterilisasi, vaksinasi, sanitasi, biosecurity, penerangan dan faktor pendukung lainnya). Manajemen pakan yang baik akan mampu menekan biaya produksi sekaligus meningkatkan keuntungan, sebaliknya jika managemen pakan yang buruk justru akan merugikan bahkan sudah pasti tidak merasakan manfaat atau keuntungan. Maka dari itu disini saya akan berbagi tips cara efisiensi pakan dan juga biaya produksi, point-point nya sebagai berikut :

✓ Feed intake
Feed intake atau konsumsi pakan per ekor bisa didapat dari selisih pemberian pakan dengan sisa pakan yang dikonsumsi dengan satuan gram/ekor untuk puyuh, dalam hal ini takaran pakan untuk puyuh -+ adalah 22gr/ ekor (-+22 kg/1000 ekor) tetapi fakta yg saya temui terkadang masih ada saja peternak yg tdk memperhatikan hal ini dengan berbagai alasan misalnya saja, ada stigma atau opini yang mengatakan bahwa puyuh per 1000 ekor hanya memerlukan pakan 6 kg perhari alhasil produksi telur tidak bisa maksimal karena kurang nutrisi.

✓ FIFO ( First In First Out)
Apa itu FIFO ??? simpelnya adalah pakan yang kita beli lebih awal harus digunakan lebih awal pula, atau jika kita stock pakan dalam jumlah banyak harap diperhatikan dalam penyimpanan seperti suhu dan kelembabannya karena itu juga akan berpengaruh terhadap kualitas nutrisi pakan tersebut, usahakan tempat penyimpanan tidak terkena inar matahari langsung, tidak terkena air hujan dan terhindar dari kontak langsuk ke lantai dan dinding karena akan membuat pakan lembab dan berjamur. Terlalu lama menyimpan pakan juga tidak baik bagi kualitas pakan  karena pakan akan menggumpal/mengeras/berjamur.

✓ Tempat pakan yang ideal
Tempat pakan yang ideal dalam kata lain tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar, atau biasanya sebagai gambaran untuk puyuh digunakan tempat pakan berukuran 3" jika menggunakan pipa pvc hal ini untuk menghindari overload atau kelebihan penyimpanan pakan yg akan berakibat pada terbuangnya pakan dengan percuma dan biasanya untuk menyiasati pakan tercecer juga dipasang kawat diatasnya.

Sebenarnya dalam hal pakan saja masih banyak hal yang bisa diulas tapi karena keterbatasan waktu dan juga disesuaikan minat/budaya membaca maka saya share sekian dulu dalam hal management pakan.. terima kasih
SEMOGA BERMANFAAT....

1 komentar:

riyajikurniawan mengatakan...

Sangat bermanfaat bang, sukses terus